KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MAHASISWA TBI IAIN SURAKARTA DENGAN PENERAPAN METODE BERPIKIR KREATIF CARA SPIRITUALISME KRITIS

Ferdian Achsani, Dian Uswatun Hasanah, Afrizal Mufti

Abstract


Menulis kreatif selain menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa TBI IAIN Surakarta juga menjadi salah satu kegiatan untuk mengungkapkan gagasan yang kreatif. Dalam proses penulisan kreatif tersebut diperlukan perenungan yang mendalam, agar tulisan yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Penggunaan metode yang sesuai dalam menulis kreatif sangat diperlukan untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Salah satu metode dalam menulis kreatif adalah metode Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis yang digagas oleh Ayu Utami. Metode ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis kreatif. Penelitian  ini ingin mendeskripsikan hasil penerapan metode Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis pada karangan cerpen mahasiswa TBI IAIN Surakarta tahun 2018, yang mengikuti mata kuliah menulis kreatif. Penelitian  ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sampel  data yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 65, sesuai dengan jumlah mahasiswa TBI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis. Peneliti  atau subjek mengamati dan memberikan penilaian terhadap masing-masing cerpen (objek) berdasarkan sembilan kategori penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa skor rata-rata akhir sebesar 3.41, sehingga penggunaan metode yang digagas oleh Ayu Utami berpengaruh baik terhadap cerpen karangan mahasiswa.

Keywords


menulis kreatif, cerpen, berpikir kreatif cara spiritualisme kritis.

Full Text:

PDF

References


Achmad, W. S. (2016). Menulis Kreatif Itu Gampang. Yogyakarta: ARSKA.

Afra, A. (2011). Be A Brilliant Writer. Solo: Gizone Books.

Aziez, F., & Hasim, A. (2010). Menganalisis Fiksi sebuah Pengantar. Jakarta: Multikreasi Satudelapan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Muhardi, & Hasanuddin. (1992). Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang Press.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP, Vol. 1(No. 3).

Setyaningsih, N. H. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Model Sinektiks Yang Dikembangkan. Lingua, 6(2).

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (edisi revisi). Bandung: Angkasa.

Utami, A. (2015). Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis. Bogor: Grafika Mardi Yuana.




DOI: https://doi.org/10.36567/aly.v15i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ALAYASASTRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ALAYASASTRA INDEXED BY:

 

_____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Alayasastra (e-ISSN 2615-6024, p-ISSN 1858-4950)

Balai Bahasa Jawa Tengah

Jalan Elangraya Nomor 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76722358; Pos-el alayasastrabbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.